Categories
Uncategorized

Perbedaan Karpet Masjid Berkualitas

perbedaan karpet masjid berkualitas

Perbedaan karpet masjid berkualitas – disetiap masjid kita pasti akan menjumpai alasnya berupa karpet. Dan untuk memilih karpet yang nantinya akan kita gunakan. Bagamana sih caranya memilih karpet masjid berkualitas?

Sebelum kita mengetahui perbedaan karpet masjid yang berkualitas. Langkah pertama yang tidak untuk diabaikan adalah mengetahui dulu bahan – bahanya. Karena pemilihan bahan merupakan hal yang utama dalam pembuatan karpet.

Macam – macam bahan karpet

Karpet masjid berbahan polypropylene. Ini bahan karpet sintetis, dengan kualitas seadanya. Polypropylene memiliki tekstur yang lembut, tetapi juga memiliki kelamahan. Yaitu warnanya yang mudah memudar, dan benangnya yang mudah lepas. Untuk karpet berbahan polypropylene ini bisa dibersihkan dengan air.

Karpet masjid berbahan sisal. Bahan ini diambil dari pohon sisal. Dengan berbahan alami maka teksturnya lebih kaya. Karpet berbahan dari pohon sisal ini lebih cukup aman untuk digunanakan.

Dan cara untuk merawat karpet yang satu ini tidak bisa dengan air. Cukup gunakan penyedot debu untuk membersihkan karpet yang berbahan sisal ini. Sekiranya juga perlu diperhatikan untuk berhati – hati dalam membersihkanya.

Baca juga : Kenapa Masjid Sepi, Apa Alasanya?

Bahan karpet berkualitas

Karpet masjid berbahan wol. Karpet masjid berbahan wol ini memang cukup mahal harganya daripada karpet yang berbahan polypropylene dan sisal. Tentu sebanding dengan harganya, karpet berbahan wol ini cukup memiliki kualitas tinggi.

Dengan harganya yang cukup mahal juga membuat karpet ini memiliki beberapa keunggulan. Dari teksturnya yang lebih lembut dan lebih nyaman saat digunakan. Daripada polypropylene dan sisal. Karpet masjid yang berbahan dasar wol ini lebih tahan lama. Dan bisa dibersihkan dengan dry cleaning.

Karpet masjid berbahan sutera, karpet yang berbahan dasar satu ini tak kalah juga kualitasnya dengan wol. Sutera didunia sudah sangat terkenal kualitas bahan dan harganya. Karpet masjid yang berbahan sutera ini teksturnya akan lebih lembut dan nyaman dari wol.

Selain teksturnya yang lebih lembut dan nyaman. Dari segi tampilanya juga lebih menarik dan elegan. Untuk membersihkan karpet ini bisa menggunakan dengan dry cleaning.

Baca juga : Jual Karpet Masjid Kediri Murah Berkualitas

Karpet berbahan nilon

Karpet masjid berbahan nilon, karpet berbahan nilon ini berada satu tingkat dari polypropylene. Tetapi karpet yang berbahan nilon ini rasanya bagaikan wol. Karpet berbahan nilon hadir dengan warna yang lebih mencolok. Untuk karpet yang ini bisa dibersihkan dengan dry cleaning.

Beda karpet dan permadani

Permadani atau ambal atau karpet adalah tekstil penutup lantai. Yang terdiri dari lapisan berbulu atau benang yang menempel diatas alasnya. Permadani biasanya terbuat dari wol atau bahan buatan manusia seperti polypropylene. Untuk pembuatanya biasa dipanaskan supaya menguatakan lilitan – lilitan strukturnya.

Sedangkan istilah karpet sendiri berasal dari bahasa Italia kuno carpita. Carpire atau carpita yang memiliki arti membului. Kata karpet biasanya dipakai juga untuk menyebut permadani.

Yang dimana permadani Persia diperkenalkan setelah dibukanya jalur perdagangan dengan Negara – negara Eropa barat. Sekitar pada abad ke – 17 masehi.

Dalam sejarahnya karpet atau pun permadani dipakai juga untuk menyebut penutup meja maupun dinding atau jendela. Karena sebutan karpet tidak lazim dipakai untuk menyebut tutup lantai di Eropa hingga abad ke – 18 masehi.

Nama – nama merek karpet

Untuk nama – nama karpet saya coba rangkumkan menjadi 6. Nama karpet ke 1 adalah karpet sutra, karpet sutra merupakan salah satu karpet yang berasal dari serat alami yaitu dari ulat sutra.

Nama karpet ke 2 adalah karpet berbahan dasar wol. Karpet wol memiliki tekstur yang lembut dan halus juga memiliki daya tahan yang tinggi. Nama karpet ke 3 adalah karpet polypropylene atau yang sering disebut PP. Karpet jenis PP ini merupakan karpet yang berasal dari serat sintetis yakni buatan.

Nama karpet ke 4 adalah karpet yang berbahan nilon. Bahan yang satu ini merupakan bahan sintetis, dan karpet yang berbahan nilon cukup mudah untuk dibersihkan. Selain mudah dibersihan juga cukup awet. Dan harganya lebih relatif murah dari yang lainya.

Nama karpet ke 5 adalah karpet yang berbahan katun. Karpet berbahan katun ini juga mudah untuk dibersihkan dan hargaya relatif murah. Tetapi karpet jenis ini tidak memiliki daya tahan yang lama, sehingga sebaiknya digunakan pada area lalu lintas rendah.

Nama karpet ke 6 adalah karpet yang berbahan dari kulit hewan. Karpet jenis ini biasanya berupa panel yang dijahit atau tenunan strip. Dan karpet untuk berbahan kulit hewan daya tahannya cukup lama serta mudah dibersihkan. Tetapi hal yang perlu diperhatikan untuk karpet jenis ini tidak tahan untuk kondisi yang lembab atau pun basah.

Baca juga : Harga Karpet Masjid yang Tebal

Karpet lantai

Apapun jenis karpet lantainya, baik berupa anyaman datar, rajutan dan lain sebagainya. Pasti masing – masing memberikan kenyamanan kondisi yang berbeda – beda. Untuk ruangan pribadi bisa menyesuaikan uuran ruanganya.

Dan tinggal pilih sesuai selera, kemudian juga perlu diperhatikan dalam memasangnya. Supaya rapi dan tidak terasa sesak ruanganya. Berikut saya coba paparkan beberapa jenis ukurannya.

Jenis ukuran karpet

Contohnya karpet ukuran 120 cm x 170 cm, 200 cm x 300 cm, atau 400 cm x 600 cm. Selain itu, ada karpet meteran atau gulungan yang memiliki lebar maksumum 4 meter dan panjang bervariasi. Ada yang memiliki panjang 25 meter, 35 meter, hingga 40 meter.

Ditulis oleh Adam Ghazi

(pusatkarpetsajadah.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *