Categories
Uncategorized

Kenapa Masjid Sepi, Apa Alasanya?

kenapa masjid sepi

Kenapa Masjid Sepi, Apa Alasanya? – Masjid sepi masih sering kita jumpai ditengan – tengah masyarakat muslim yang ada disekitaran kita. Sering kali muncul pertanyaan kenapa masjid sepi jamaahnya?.

Sebenarnya ada apa dengan masjid kita, atau dengan masyarakat kita? Kog bisa – bisanya masjid sepi, padahal dilingkungan situ banyak orang – orang yang beragama Islam. Kog bisa ya? Berikut sedikit kupasan terkait masjid sepi jama’ah nya.

Sepinya masjid karena kedangkalan pemahaman agama

Berikut sedikit ulasan dari pertanyaan yang sering muncul dibenak kita, kenapa masjid sepi?. Sepinya masjid biasanya banyak yang memfaktori hal tersebut, dan faktor utama adalah kedangkalan pemahaman saudara – saudari seiman kita atas agamanya. Kemudian muncul pertanyaan baru, kenapa bisa dangkal pemahamanya? Pertanyaan ini memiliki beberapa jawaban yang kemungkinan salah satu jawabanya sesuai, tergantung dengan kondisi orang itu.

Yang pertama adalah minimnya pendidikan agama yang diajarkan oleh orang tua atau keluarganya sejak dini. Banyak masyarakat disekitaran kita yang masih bisa dijumpai, bahwa mereka masih lemah dalam memahami agama. Pendidikan keluarga inilah yang nantinya akan memberi pengaruh terhadap anak sembari ia tumbuh dewasa. Maka sangat penting bahwa pendidikan orang tua untuk berkembangnya sang buah hati.

Yang kedua adalah orang itu memang tidak memiliki keinginan (ghirah) dalam memahami agama. Tipe orang – orang seperti inilah yang selamanya tidak akan bertambah pemahaman agamanya, kecuali ia mau untuk berubah.

Dan yang ketiga adalah faktor lingkungan yang tidak mendukung. Apa maksudnya? Maksudnya adalah lingkungan yang seseorang hidup didalamnya itu tidak sesuai dengan norma – norma Islam. Dengan kata lain, lingkungan itu rusak dan jauh dari nilai – nilai syariat Islam. Perlu diketahui juga bahwa kita ini adalah produk dari lingkungan yang sekarang kita hidup didalamnya. Jikalau lingkungan itu baik maka in sya Allah kita pun juga akan baik, dan begitu juga sebaliknya.

Baca juga : Jual Karpet Masjid Polos Gunung Kidul

Masjid sepi katanya ada yang bilang karena gak ada teman kemasjid

Tidak sedikit anak muda – anak muda yang kita jumpai ketika adzan sudah berkumandang mereka tidak lekas beranjak ke masjid. Justru malah nongkrong – nongkrong dijalan, main play station (PS), main game online, gitaran, dan seabrek aktivitas makhruh lainya.

Tetapi uniknya ketika ditanya, “Eh Bro kenapa tidak kemasjid tadi?”, “Iya e ini, gak ada teman soalnya’. Hello! Tadi nongkrong – nongkrong, main gitar, game online mabar itu disekitarmu siapa? Kan alibi. Ngomong – omong, memang ke masjid itu printah teman dan karena teman ya?

Ada juga kalau ditanya kenapa tidak dimasjid, jawabnya enjoy “Dirumah aja ah, biar teman – teman yang dapat banyak pahala, aku mah qona’ah”. What! Qona’ah macam apa seperti ini? Aduuuh, kan sebenarnya masjidnya juga kasihan. Sudah dibangun bagus – bagus, ber AC lagi, ditambah juga lantai 3. Tapi kog dianggurin gitu, coba kalau kamu dicuekin sama sahabatmu, bagaimana rasanya? Yuk lah rajin – rajin ke masjid.

Baca juga : Jual Karpet Masjid Kediri Murah Berkualitas

Galau banyak masjid yang sepi

Eh Bro en Sis, pernah gak sih kalian itu merasakan galau saat melihat banyaknya masjid yang keren tapi sepi jamaahnya? Kalau saya sih galau. Kenapa galau? Ya galau, karena ternyata masih banyak teman – teman kita yang belum tahu betapa besarnya pahala yang Allah berikan kepada orang – orang yang rajin ke masjid. Apa lagi orang itu adalah anak – anak muda, oh Allah senang banget itu.

Dan kita juga justru lebih senang, karena disenangi Yang Menciptakan kita. Yang Menciptakan hati kita, cie cie. Disisi lain juga telah Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallama mengabarkan kepada kita yang kece ini. Ketika masjid – masjid shalat subuhnya seperti shalat jum’at maka disitu kebangkitan Islam semakin dekat.

Ditambah lagi ketika shalat fardhu (shubuh, dhuhur, asar, maghrib, isyak) jama’ahnya adalah para pemuda dan pemudi. Dan shaf – shafnya rapat dan rapih. Maka itulah indikasi bahwa kaum muslimin sangat kuat sila ukhuwahnya. Tetapi coba kita lihat saat ini, bagaimana?

Baca juga : Harga Karpet Masjid yang Tebal

Karpet masjidnya belum baru

Oke teman – teman, selain faktor – faktor yang telah dituliskan diatas terkait masjid sepi jama’ahnya. Yang terakhir yang ingin saya tuliskan adalah fasilitas masjid. Ada apa dengan fasilitas masjidnya?

Ya, terkadang masih ada juga takmir yang kurang perhatian dengan masjid yang dia urusi. Kurang memperhatikan kebersihan masjidnya, kurang memperhatikan kondisi ruangan masjidnya, dan kurang memperhatikan bagaimana karpetnya. Pernah gak sih teman – teman menjumpai masjid yang karpetnya sudah bau? Atau karpetnya memang minta baru?. Disitulah tanggung jawab takmir perlu dipertanyakan.

Jadi teman – teman, dari pihak takmir, remaja masjid, dan jama’ah masjid harus satu frekuensi. Itu artinya satu pemikiran, satu perasaan, dan satu peraturan. Semuanya harus saling melengkapi, saling memahami, dan saling membantu. Maka ketika herarki struktur masjid sudah seperti ini kemungkinan besar persoalan – persoalan masjid akan segera mendapatkan jawaban.

Kalau memang masjid itu persoalanya adalah karpet yang harus belu bari, ya maka segera beli. Toh itu juga kebutuhan umat, uang umat untuk umat. Dan perlu diperhatikan juga bahwa uang yang lama – lama disimpan tidak baik, toh tidak terasa kebermanfaatanya oleh umat. Yuk lah segerakan beli karpet baru, saya sarankan di Aladdin Karpet aja. Terimakasih semoga bermanfaat.

Ditulis oleh Adam Ghazi

(pusatkarpetsajadah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *