Categories
Uncategorized

Jadwal Piket Masjid Harian Praktis

jadwal piket masjid harian

Jadwal piket masjid harian praktis – Assalamualaikum sahabat masjid semua. Mungkin ada diantara kita yang masih menanyakan apa sih pentingnya dibuat jadwal piket masjid harian praktis? Betul apa benar. Memang sekilas pembuatan jadwal piket masjid harian terlihat sepele. Tapi, mari coba kita perhatikan bersama dengan baik – baik dan saksama.

Jadi pembentukan jadwal piket masjid harian cukup penting sahabat masjid sekalian. Kenapa bisa penting? Sebab Islam mengajarkan yang namanya thaharah dan nazhafah. Apa itu thaharah dan nazhafah?. Jadi thaharah itu adalah kesucian, dan untuk nazhafah adalah kebersihan. Bukankah Islam mengajarkan hal seperti itu?

Nah, kalau kita sudah mengetahui bahwa Islam mengajarkan thaharah dan nazhafah. Maka tentu kita sebagai seorang Muslim atau Muslimah. Sudah seharusnya tambah semangat dalam menjalankan ajaran agama kita yang satu ini. Lalu kalau tidak ada pembentukan jadwal piket masjid harian. Siapa lagi coba yang menjaga kesucian dan kebersihan masjid tercinta kita?

Baca juga : Sejarah Sajadah, Yuk Pelajari Bersama!

Tahap awal pembuatan jadwal piket masjid harian

Sahabat masjid sekalian, disini saya akan coba sharing sama sahabat masjid semua. Bahwa sebelum dilakukanya pembuatan jadwal piket masjid harian. Perlu adanya trik yang baik untuk kita coba. Yaitu, sebelum kita bentuk tim piket masjid harian secara terjadwal.

Maka kita perlu himbau semua anggota masjid setempat. Baik itu dari kalangan Takmirnya, dan remajanya. Bahakan bisa mengikutsertakan jamaah dalam tim piket masjid harian secara terjadwal itu. Tapi ingat sahabat masjid sekalian, himbaun ini tidak sekadar himbauan seperti pada umumnya.

Disini ada yang saya garis bawahi dalam himbauan ini. Yakni menghimbau sekaligus memberikan pemahaman tentang mulianya ajaran Islam dan reward yang didapatkan. Tentu yang mendapatkan reward ini adalah meraka yang menjalankan printah – Nya dengan ikhlas lillahi ta’ala.

Jadi pemahaman ini penting sahabat masjid sekalian. Sebab dalam kitab nizhamul al – Islam, karya Al – ‘Allamah Syaikh Taqiyuddin An – Nabhani. Disebutkan bahwa bangkitnya hidup dan kehidupan seseorang. Ditentukan oleh naiknya taraf berpikir dia, atau yang kita sebut pemahaman tadi.

Coba pikirkan, kalau teman – teman remaja masjid ditempat kita pada bangkit pemikiran dan pemahamanya. Apa yang terjadi pada lingkungan masjid kita? Jangankan lingkungan masjid kita, wajah dunia pun akan berubah. Tentu berubahnya sesuai dengan apa yang ada di isi kepala kita. Jadi sangat penting itu yang namanya pemahaman.

Baca juga : Tips Memilih Karpet Masjid Berkualitas

Trik selanjutnya dalam pembuatan jadwal piket masjid harian

Setelah kita pahami tahap awal pembuatan jadwal piket masjid harian tahap awal. Maka tahap selanjutnya adalah trik dalam pembuatan jadwal piket masjid harian. Trik ini bisa kita lakukan .

Untuk hari senin siapa, hari selasa siapa, hari rabu siapa, hari kamis siapa, dan begitu seterusnya sampai ahad. Biasanya yang dihari ahad anak – anak muda banyak yang tidak mau. Dengan alasan, hari ahad adalah hari refreshing. Tentu hari jadwal piket masjid sesuai kesepakan bersama hasil musyawarah ya,

Jadi masing – masing tim piket masjid harian setelah tahu jobnya. Diharapkan mampu dan mau untuk amanah serta ikhlas dalam menjalankan. Sebenarnya cara membuat jadwal piket masjid harian ini mirip dengan yang disekolah. Cuma ada beberapa yang memang berbeda.

Penyusunan kerja tim sesuai jadwal piket masjid harian yang telah ditetapkan

Setelah semuanya sudah bersepakat pada memilih hari apa aja untuk piket. Maka langkah berikutnya dalam pembentukan jadwal piket masjid harian adalah membentuk susunan. Maksutnya begini, bagian ngepel siapa, sedot karpet siapa, bersihin kaca siapa, dan seterusnya.

Kenapa susunan ini juga perlu dibuat? Bukankah dengan jadinya jadwal piket masjid harian sudah cukup?. Ya, semua itu sudah cukup. Tetapi menurut saya sendiri susunan ini dibentuk supaya kerja tim lebih powerfull dan terarah.

Selain itu juga, perlu di roling untuk gantian job. Mungkin yang hari ini piketnya menyapu, besok mengepel. Yang hari ini piketnya sedot karpet, besok bersihin kaca. Dan begitu seterunya ya sahabat masjid semua.

Baca juga : Jual Karpet Masjid Murah, Tapi Tidak Murahan

Jadwal piket masjid harian bagian adzan, imam, dan ceramah

Jadi tidak hanya piket kebersihan saja ya teman. Jadwal piket masjid harian juga ada dibagian adzan, imam, dan ceramah. Nah, ini salah satunya yang saya maksut ditulisan atas tadi yang sedikit berbeda dengan jadwal piket sekolah. Dijadwal piket sekolah tidak ada kan piket adzan, imam, dan ceramah?

Tentu bagi para teman – teman yang jadi bagian tim piket masjid harian dibagian adzan, imam, dan ceramah ini. Teman – teman juga harus mampu menguasai cara pengucapan lafadz ayat. Dan tidak menutup kemungkinan untuk yang lain yang belum fasih. Maka jangan khawatir, bisa nanti belajar bersama dengan teman yang sudah fasih.

Saya cukupkan dulu sampai disini ya sahabat – sahabat masjid rahimakumullah. Semoga bisa memberi manfaat kepada semuanya. Dan tercatat sebagai amal ibadah saya, dan Antum bagi yang mau menyebarkan. Serta mengamalkan sedikit ilmu ini. Semangat berbuat baik sahabat masjid semuanya.

Ditulis oleh Adam Ghazi

(pusat karpet dan sajadah Indonesia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *